Monday, November 1, 2010

Tips Nabung Biar Kaya

Memiliki Kebiasaan menabung sudah jelas sangat berguna untuk masa depan kita.
Menabung adalah menyimpan sejumlah uang agar dapat digunakan di kemudian hari jika diperlukan.
Semakin banyak duit yang ditabung maka semakin baik. Ada pepatah yang mengatakan "hemat pangkal kaya", ini maksudnya apabila kita rajin menyimpan banyak uang dan hidup sederhana tidak berlebihan maka pada
akhirnya kita akan dapat menikmati hasil yang membahagiakan. Menabung seringkali dilakukan untuk mencapai berbagai macam tujuan, dengan mengumpulkan uang anda secara rutin, maka uang yang terkumpul tersebut bisa sangat bermanfaat.


''wah kenapa ya saya kok susah banget mau nabung, tiap bulan uang saya habis terus, belom lagi anak mau masuk sekolah, istri mau ngambil S2, orang tua butuh biaya berobat dan saya kan juga ingin beli ini itu.....'' 


ya percakapan seperti itu sudah sering sekali kita dengar, atau bahkan anda sendiri yang mengalaminya??
anda ingin sekali menabung tetapi hal tersebut sangat sulit dilakukan..
apakah anda tergolong orang yang seperti itu?? apakah di akhir bulan anda selalu kehabisan uang?
jangan khawatir, hampir semua orang pasti pernah mengalaminya..
berikut ini adalah tips-tips bermanfaat bagi anda yang sulit menabung:
1. Menekan pengeluaran anda

Sebenarnya menabung itu sangat mudah, selama pengeluaran Anda lebih kecil dari pendapatan. Sebelum itu, Anda harus tahu bagaimana kebiasaan Anda dalam mengeluarkan uang setiap bulannya. Cobalah untuk mencatat pengeluaran harian, mingguan dan bulanan. Kemudian tentukan mana yang perlu dikurangi.

2. Menabunglah di awal

Jika anda selama ini selalu menggunakan gaji anda untuk berbelanja dahulu kemudian tak ada sisanya untuk menabung, maka alangkah baiknya jika anda membalik proses tersebut. Sisihkan dana untuk ditabung terlebih dahulu sebelum anda membayar kebutuhan hidup lainnya.


3. Jadikan tabungan sebagai pengeluaran

Masukkan tabungan sebagai pos pengeluaran rutin anda setiap bulan, sama halnya seperti tagihan pulsa, internet, uang makan, transportasi, dan sebagainya.

4. Miliki lebih dari 1 rekening

Alangkah baiknya memiliki rekening khusus untuk tabungan, rekening yang terpisah memungkinkan dana yang terkumpul tidak terpakai untuk kebutuhan lain.


5. Naikkan setoran jika penghasilan naik

Ketika anda mendapatkan kenaikan gaji, maka naikkan juga jatah setoran tabungan anda. Begitu juga apabila anda mendapatkan bonus, langsung sisihkan bonus tersebut untuk menambah jumlah tabungan anda.

6. Bayar utang anda sedini mungkin

Bunga pinjaman lebih tinggi dari bunga tabungan dan akan terus bertambah besar jika tidak segera dilunasi, oleh karena itu segera lunasilah hutang-hutang anda.

7. Biar kecil asal konsisten

Walaupun dana yang bisa ditabung hanya sedikit tapi kalau dilakukan secara terus menerus akan jadi banyak juga kan.

8. Cermatlah dalam berbelanja

Dalam berbelanja selalu bedakan antara kebutuhan dan keinginan. Membeli sepatu baru mungkin menjadi kebutuhan ketika sepatu lama kita sudah usang. Tapi, membeli sepatu bermerek tertentu bukan lagi kebutuhan tapi sudah menjadi keinginan.


9. Kartu kredit bukanlah uang lebih

Kartu kredit adalah salah satu sumber potensi bencana yang sangat besar. Dengan kartu kredit anda bisa seenaknya melakukan pengeluaran yang tidak perlu dan anda tersadar dengan lilitan hutang yang mencekik urat leher di mana semua telah berakhir dan penyesalan datang selalu di akhir. Para debt collector / penagih hutang pun akan dengan senang hati meneror hidup anda dan keluarga bahkan teman, tetangga, teman kantor, bos, dsb. Sebaiknya gunakan kartu debit / kartu atm namun tetap dengan bijaksana.


10. Simpan uang receh yang tidak terpakai

Ketika punya banyak uang receh sebaiknya sebagian anda simpan di suatu tempat yang aman dari tangan-tangan jahil termasuk tangan jahil anda sendiri. Ketika jumlahnya sudah banyak anda bisa memasukkannya ke rekening bank atau tetap anda simpan.

11. Membiasakan untuk berhemat

Berhemat bisa dilakukan tanpa menyiksa diri, terdapat banyak cara untuk berhemat tanpa harus menderita. Bawalah makanan dan air minum dari rumah, gunakan transportasi umum, berhenti merokok, berlibur di saat yang tidak padat (low season), manfaatkan diskon agar memperoleh barang yang Anda “butuhkan” dengan lebih murah, dan masih banyak lagi.


12. Lakukan perencanaan hidup yang matang

Buatlah tahapan-tahapan dalam hidup anda secara mendetail serta nilai uang yang dibutuhkan untuk menggapainya seperti untuk sekolah, kuliah, mencari pekerjaan, menikah, membeli kendaraan, berobat, biaya sekolah anak, biaya makan, rekreasi, membuka usaha dan lain sebagainya. Dengan begitu anda akan semakin bijak dalam melakukan pengeluaran setelah tahu seberapa besar dana yang anda butuhkan kelak.


Jadi mau pilih mana? Masa depan sengsara atau masa depan bahagia?

No comments:

Post a Comment